DATA PENGUNJUNG

Website counter

MEDIA PEMBELAJARAN SAINS
Pada lingkup pembelajaran Sains, karakteristik yang menonjol adalah pengaitan konsep dengan kehidupan nyata melalui pengamatan atau percobaan. Pengamatan serta percobaan yang paling baik adalah dengan menghadirkan media secara langsung, misalnya mempelajari tentang konsep mengapung-tenggelam-melayang, maka guru bisa membawa bejana berisi air dan benda - benda yang dapat membuktikan konsep tersebut, siswa yang melakukan percobaan sehingga kegiatan ini memberikan kesan yang mendalam dan lebih bermakna bagi peserta didik sehingga menumbuhkan sikap positif bagi proses dan hasil belajarnya. Tetapi kenyataan yang terjadi adalah guru jarang menggunakan media, jangankan media yang riil, gambar saja jarang membawa. Pembelajaran Sains di SD lebih banyak 'doktrin' daripada suatu pembuktian kritis. Banyak alasan yang diberikan guru mengapa tidak menghadirkan diantaranya fasilitas sekolah tidak mendukung, sulit, ribet dll. Berikut ini media pembelajaran Sains dalam bentuk Microsoft Power Point yang saya dapatkan dari kepala sekolah SDN Mandala Jeruklegi setelah mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah 1 sd 6 Nopember 2010 bertempat di Grafika Hotel Gombong yang deselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah. Semoga media pembelajaran ini dapat mengikis jurang kekeringan media dalam pembelajaran Sains.
Contoh media yang dimaksud berikut ini


klik pada area gambar untuk menjalankan



Download Media Pembelajaran Sains



Menghadirkan Planetarium di Komputer
Stellarium merupakan program gratis multi platform, yang bisa digunakan untuk komputer berbasis sistem operasi windows, linux maupun mac.
Dengan Stellarium kita bisa melihat gambaran langit dalam bentuk 3 dimensi, hanya tinggal klik dan seret mouse maka planet – planet, galaksi serta berbagai bintang dengan jumlah katalog mencapai 600.000 hadir di depan kita. Baca selanjutnya...

Globe Virtual Di Dalam Komputer
Kata globe berasal dari bahasa Latin, globus yang artinya bola atau bulatan. Globe adalah tiruan bumi yang diperkecil dan menyerupai aslinya. Dengan globe banyak manfaat yang dapat kita peroleh yaitu :
Mengetahui letak astronomis suatu wilayah di permukaan bumi.
Mengetahui perbedaan iklim berdasarkan garis lintang.
Mengetahui perbedaan waktu di dunia.
Mengetahui persebaran bentang alam, seperti daratan, lautan, danau, sungai, dan lain-lain. Baca selanjutnya...



Mars Bangga Mbangun Desa Kabupaten Cilacap

Mars Bangga Mbangun Desa Kabupaten Cilacap mulai terkenal sejak Pemerintah Kabupaten Cilacap mengadakan perlombaan paduan suara lagu ini pada tanggal 7 Maret 2011, baca selengkapnya...


EUROTALK : Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Yang Sangat Mengesankan

Eurotalk merupakan program
pembelajaran multimedia interaktif yang
diproduksi oleh Perusahaan Eurotalk
untuk mempelajari bahasa. Kita bisa
menggunakan Eurotalk untuk mempelajari
tidak hanya Bahasa Inggris tetapi juga
bahasa yang lain. Bahasa yang lain seperti
Eurotalk Bahasa Indonesai, Bahasa
Jerman, Bahasa Prancis, Bahasa Arab
serta berbagai bahasa lain disediakan oleh
Eurotalk. Baca selanjutnya...


PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kata media berasal dari Bahasa Latin dengan bentuk jamak medium yang biasa kita artikan dengan bebas sebagai perantara. Menurut Wikipedia, medium diartikan sebagai suatu penyimpan atau alat penyampai yang digunakan untuk menyimpan dan menyampaikan informasi atau data.
“Medium (communication), storage and/or transmission tools used to store and deliver information or data” (http://en.wikipedia.org/wiki/Medium)
Dalam konteks pendidikan, media diartikan sebagai pembawa pesan, seperti apa yang diungkapkan Schramm (1977) bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran. Baca selanjutnya...



AJARKAN BAHASA INGGRIS DENGAN LAGU

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penggunaannya sangat luas di dunia, digunakan oleh berbagai kelas baik kelas sosial tinggi, menengah maupun bawah meskipun digunakan dengan cara yang masih ‘belepotan’. Tak terkecuali di negeri kita, Bahasa Inggris ini pun telah menjadi ‘idola’ dibandingkan dengan bahasa asing yang lain. Hal ini terlihat jelas misalnya porsi penggunaan yang lebih banyak di tempat publik seperti papan petunjuk di tempat umum yang banyak terdapat bahasa inggris, menulis abstrak penelitian ‘sakral’ menggunakan Bahasa Inggris, dan lebih luar biasa lagi adalah adanya sekolah – sekolah rintisan internasional yang memiliki pengantar Bahasa Inggris. Karena peran yang sangat penting inilah maka Pemerintah Republik Indonesia mengukuhkan ‘demam Bahasa Inggris’ menjadi kurikulum yang harus diajarkan pada sekolah – sekolah termasuk sekolah dasar, baca selanjutnya...

Download Standar Kompetensi Bahasa Inggris SD dari BSNP


Contoh Langkah Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Lagu
Anak - anak sangat suka bernyanyi. Mereka bernyanyi hampir di setiap tempat dan setiap waktu baik di kelas, di jalan, di warung dll. Siswa yang sangat gemar bernyanyi dapat kita jadikan strategi untuk menghadirkan pembelajaran dengan bernyanyi. Berikut ini disajikan gambaran
langkah pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media lagu. Dengan lagu, anak - anak akan jauh lebih tertarik sehingga pembelajaran menyenangkan.



Download Lagu Pembelajaran Bahasa Inggris

1. The Alphabet Song

Lagu yang dapat digunakan untuk membantu anak dalam mengucapkan huruf Bahasa Inggris.
2. ABC Songs
3. Counting Song
4. Days of the Week
5 . Colors
6 . The Eensey Weensey Spider
7. hokey pokey
8. Old MacDonald had a Farm
9. Bob the Snail
10. This Old Man
11. Mary had a little lamb
12. Humpty Dumpty
13. Baa Baa Black Sheep


Berbagai Media Pembelajaran

Jumat, 20 Mei 2011

Pembelajaran Simetri Lipat



Praktik pembelajaran tentang simetri lipat sebagian masih berupa teori yang dijelaskan oleh guru dengan satu contoh yaitu guru menunjukkan di depan kelas. Banyak guru yang kurang memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi simetri lipat sehingga siswa kurang mampu untuk memahami konsep ini dengan baik.

Salah satu cara agar siswa aktif mempelajari konsep ini adalah dengan menyediakan potongan kertas yang sudah dibentuk bangun datar, dengan menyediakan sarana berupa bangun datar dari potongan kertas siswa diajak untuk mengeksplorasi seperti apakah simetri lipat itu.

Untuk mengajarkan simetri lipat pertama – tama guru membuat bangun datar ukuran besar, 4 buah bangun datar dalam satu buah kertas ukuran folio misalnya. Gurulah yang membuat media, hal ini dimaksudkan supaya percobaan yang dilakukan sama, baik bentuk dan ukuran sehingga hasil lebih obyektif. Beberapa hari sebelum melakukan kegiatan ini siswa diberitahu untuk membawa gunting/ cutter.























Langkah pembelajaran :

1. Bagilah siswa menjadi kelompok yang anggotanya terdiri dari 3 atau 4 siswa

2. Berikan lembaran kertas ukuran folio yang telah dicetak dengan berbagai bentuk bangun datar, jika tiap folio ada 4 buah bangun datar sedangkan bangun datar yang akan dipelajari ada 8 berarti tiap kelompok mendapat 2 lembar folio.

3. Minta sebagian siswa dalam kelompok untuk menggunting bangun datar yang ada dalam kertas folio pas garis.












4. Siswa yang tidak menggunting kertas diberi tugas untuk menyiapkan laporan percobaan.










Format laporan bisa menggunakan contoh seperti di bawah ini












5. Kelompok yang telah selesai menggunting kertas dapat langsung melakukan percobaan. Mintalah tiap kelompok untuk melipat kertas melalui garis tengah. Lipatan dapat dilakukan dari segala arah, bila bangun datar dilipat dapat menutupi bagian satunya dengan bentuk yang sama persis itulah simetri lipat. Berikut ini merupakan contoh garis tengah lipatan.















Di bawah ini adalah contoh simetri lipat pada persegi panjang
















Sedangkan di bawah ini adalah contoh lipatan persegi panjang yang tidak pas















6. Ketika siswa melakukan percobaan, guru berkeliling kelompok. Bila ada kelompok yang belum paham maka jelaskanlah dengan lipatan kertas.














7. Pada akhir pembelajaran, cocokkan hasil percobaan siswa. Mintalah siswa untuk menyebutkan berapa simetri lipat pada tiap bangun datar. Ketika siswa menjawab mintalah bukti kepada siswa dengan cara menunjukkan dari arah mana saja simetri lipat tersebut. Guru juga ikut melakukan kegiatan ini untuk membuktikan jawaban siswa.


Pertanyaan : Apakah tidak merepotkan jika guru yang membuatkan untuk siswa, karena untuk membuat media ini perlu waktu yang tidak sebentar?

Jawab : Jika kita membuat media ini dengan manual (membuat dengan tangan) akan memerlukan waktu yang lama. Daripada membuat secara manual, buatlah di Microsoft Word( Insert > shapes > pilih berbagai bangun datar). Dengan Microsoft Word tidak sampai 10 menit sudah selesai dibuat dan diprint.(Print secara cepat dengan pengaturan printer fast/ draft).

Pertanyaan : Saya tidak punya komputer di rumah, sekolah juga tidak punya bagaiman bisa membuat dengan Microsoft Word?

Jawab : Semua sekolah dasar di Indonesia kini telah menerima dana BOS, dana BOS boleh dianggarkan untuk membeli komputer (station) dan juga printer. Beli komputer dan printer seharga 5 juta sudah sangat bagus.

Pertanyaan : Saya tidak bisa memakai komputer?

Jawab : Perkembangan Teknologi sangat maju, keponakan saya yang berusia 3 tahun saja sudah biasa menggunakan laptop. Apakah kita tidak malu gagap teknologi dibandingkan anak kecil yang sudah mahir? Buku petunjuk penggunaan komputer sangat banyak dan bisa didapatkan dengan mudah atau belajar lewat interntet juga bisa. Jika di kota kita tidak ada toko buku, penjual buku di kota besar biasanya menerima pembelian buku jarak jauh dengan sistem transfer.



MATERI SIMETRI LIPAT


Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang membuat suatu bangun datar menjadi dua bagian yang sama besar.

a. Simeti lipat pada Bujur Sangkar



Bujur sangkar mempunyai 4 simetri lipat :








- simetri lipat pertama






A bertemu dengan D dan B bertemu dengan C


- simetri lipat kedua




A bertemu dengan B dan C bertemu dengan D






- simetri lipat ketiga




- A bertemu dengan C

- BD adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar






- simetri lipat keempat




- B bertemu dengan D

- AC adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar






b. simetri lipat pada persegi panjang



Persegi panjang mempunyai 2 simetri lipat






- simetri lipat pertama




A betemu dengan D dan B bertemu dengan C

- simetri lipat kedua








A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C


c. simetri lipat pada segitiga sama kaki




C Segitiga sama kaki mempunyai 1 simetri lipat

A bertemu dengan B, dimana C sebagai sumbu simetri





d. simetri lipat pada segitiga sama sisi




Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri lipat




- simetri lipat pertama

C sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan B

- simetri lipat kedua

A sebagai sumbu simetri maka B bertemu dengan C


- simetri lipat ketiga

B sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan C



e. simetri lipat pada Trapesium

- Trapesium sama kaki








Trapesium sama kaki mempunyai 1 simetri lipat yaitu :

A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C





- Trapesium sembarang








Simetri lipat trapesium sembarang dan siku-siku adalah 0 .


f. simetri lipat pada Jajaran Genjang






Simetri lipat pada jajaran genjang adalah 0


g. simetri lipat pada Belah ketupat







Simetri lipat mempunyai 2 simetri lipat:

D B - simetri lipat pertama

B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri


- simetri lipat kedua

C A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri


h. simetri lipat pada Layang-layang






Layang-layang mempunyai 1 simetri lipat


A C A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri





i. simetri lipat pada Elips/ Oval





Elips Oval mempunyai 2 simetri lipat

- simetri lipat pertama

C B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri


- simetri lipat kedua

A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri




j. simetri lipat pada Lingkaran





Lingkaran mempunyai simetri lipat yang jumlahnya tak terhingga, Karena lingkaran bisa dibagi dua dengan jumlah tak terhingga dengan banyak.


Download artikel ini


Referensi

http://soalmatematika.com/simetri-lipat-dan-simetri-putar/

Mustaqim, Burhan & Ary Astuti.2008. Ayo belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional



3 komentar: