Pembelajaran Simetri Lipat
Praktik pembelajaran tentang simetri lipat sebagian masih berupa teori yang dijelaskan oleh guru dengan satu contoh yaitu guru menunjukkan di depan kelas. Banyak guru yang kurang memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi simetri lipat sehingga siswa kurang mampu untuk memahami konsep ini dengan baik.
Salah satu cara agar siswa aktif mempelajari konsep ini adalah dengan menyediakan potongan kertas yang sudah dibentuk bangun datar, dengan menyediakan sarana berupa bangun datar dari potongan kertas siswa diajak untuk mengeksplorasi seperti apakah simetri lipat itu.
Untuk mengajarkan simetri lipat pertama – tama guru membuat bangun datar ukuran besar, 4 buah bangun datar dalam satu buah kertas ukuran folio misalnya. Gurulah yang membuat media, hal ini dimaksudkan supaya percobaan yang dilakukan sama, baik bentuk dan ukuran sehingga hasil lebih obyektif. Beberapa hari sebelum melakukan kegiatan ini siswa diberitahu untuk membawa gunting/ cutter.
Langkah pembelajaran :
1. Bagilah siswa menjadi kelompok yang anggotanya terdiri dari 3 atau 4 siswa
2. Berikan lembaran kertas ukuran folio yang telah dicetak dengan berbagai bentuk bangun datar, jika tiap folio ada 4 buah bangun datar sedangkan bangun datar yang akan dipelajari ada 8 berarti tiap kelompok mendapat 2 lembar folio.
3. Minta sebagian siswa dalam kelompok untuk menggunting bangun datar yang ada dalam kertas folio pas garis.
4. Siswa yang tidak menggunting kertas diberi tugas untuk menyiapkan laporan percobaan.
Format laporan bisa menggunakan contoh seperti di bawah ini
5. Kelompok yang telah selesai menggunting kertas dapat langsung melakukan percobaan. Mintalah tiap kelompok untuk melipat kertas melalui garis tengah. Lipatan dapat dilakukan dari segala arah, bila bangun datar dilipat dapat menutupi bagian satunya dengan bentuk yang sama persis itulah simetri lipat. Berikut ini merupakan contoh garis tengah lipatan.
Di bawah ini adalah contoh simetri lipat pada persegi panjang
Sedangkan di bawah ini adalah contoh lipatan persegi panjang yang tidak pas
6. Ketika siswa melakukan percobaan, guru berkeliling kelompok. Bila ada kelompok yang belum paham maka jelaskanlah dengan lipatan kertas.
7. Pada akhir pembelajaran, cocokkan hasil percobaan siswa. Mintalah siswa untuk menyebutkan berapa simetri lipat pada tiap bangun datar. Ketika siswa menjawab mintalah bukti kepada siswa dengan cara menunjukkan dari arah mana saja simetri lipat tersebut. Guru juga ikut melakukan kegiatan ini untuk membuktikan jawaban siswa.
Pertanyaan : Apakah tidak merepotkan jika guru yang membuatkan untuk siswa, karena untuk membuat media ini perlu waktu yang tidak sebentar?
Jawab : Jika kita membuat media ini dengan manual (membuat dengan tangan) akan memerlukan waktu yang lama. Daripada membuat secara manual, buatlah di Microsoft Word( Insert > shapes > pilih berbagai bangun datar). Dengan Microsoft Word tidak sampai 10 menit sudah selesai dibuat dan diprint.(Print secara cepat dengan pengaturan printer fast/ draft).
Pertanyaan : Saya tidak punya komputer di rumah, sekolah juga tidak punya bagaiman bisa membuat dengan Microsoft Word?
Jawab : Semua sekolah dasar di Indonesia kini telah menerima dana BOS, dana BOS boleh dianggarkan untuk membeli komputer (station) dan juga printer. Beli komputer dan printer seharga 5 juta sudah sangat bagus.
Pertanyaan : Saya tidak bisa memakai komputer?
Jawab : Perkembangan Teknologi sangat maju, keponakan saya yang berusia 3 tahun saja sudah biasa menggunakan laptop. Apakah kita tidak malu gagap teknologi dibandingkan anak kecil yang sudah mahir? Buku petunjuk penggunaan komputer sangat banyak dan bisa didapatkan dengan mudah atau belajar lewat interntet juga bisa. Jika di kota kita tidak ada toko buku, penjual buku di kota besar biasanya menerima pembelian buku jarak jauh dengan sistem transfer.
MATERI SIMETRI LIPAT
Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang membuat suatu bangun datar menjadi dua bagian yang sama besar.
a. Simeti lipat pada Bujur Sangkar
Bujur sangkar mempunyai 4 simetri lipat :
- simetri lipat pertama
A bertemu dengan D dan B bertemu dengan C
- simetri lipat kedua
A bertemu dengan B dan C bertemu dengan D
- simetri lipat ketiga
- A bertemu dengan C
- BD adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar
- simetri lipat keempat
- B bertemu dengan D
- AC adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar
b. simetri lipat pada persegi panjang
Persegi panjang mempunyai 2 simetri lipat
- simetri lipat pertama
A betemu dengan D dan B bertemu dengan C
- simetri lipat kedua
A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C
c. simetri lipat pada segitiga sama kaki
C Segitiga sama kaki mempunyai 1 simetri lipat
A bertemu dengan B, dimana C sebagai sumbu simetri
d. simetri lipat pada segitiga sama sisi
Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri lipat
- simetri lipat pertama
C sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan B
- simetri lipat kedua
A sebagai sumbu simetri maka B bertemu dengan C
- simetri lipat ketiga
B sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan C
e. simetri lipat pada Trapesium
- Trapesium sama kaki
Trapesium sama kaki mempunyai 1 simetri lipat yaitu :
A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C
- Trapesium sembarang
Simetri lipat trapesium sembarang dan siku-siku adalah 0 .
f. simetri lipat pada Jajaran Genjang
Simetri lipat pada jajaran genjang adalah 0
g. simetri lipat pada Belah ketupat
Simetri lipat mempunyai 2 simetri lipat:
D B - simetri lipat pertama
B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri
- simetri lipat kedua
C A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri
h. simetri lipat pada Layang-layang
Layang-layang mempunyai 1 simetri lipat
A C A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri
i. simetri lipat pada Elips/ Oval
Elips Oval mempunyai 2 simetri lipat
- simetri lipat pertama
C B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri
- simetri lipat kedua
A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri
j. simetri lipat pada Lingkaran
Lingkaran mempunyai simetri lipat yang jumlahnya tak terhingga, Karena lingkaran bisa dibagi dua dengan jumlah tak terhingga dengan banyak.
Referensi
http://soalmatematika.com/simetri-lipat-dan-simetri-putar/
Mustaqim, Burhan & Ary Astuti.2008. Ayo belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
hampir sama dengan yang saya simulasikan bulan lalu...
BalasHapus:))
niceeee
Terima kasih.
BalasHapusSangat membantu terimaksih
BalasHapus